Mei 28, 2018

Blangkon Jogja Tidak Pernah Kehabisan Nyawa



Pernikahan Dengan Blangkon Jogja

Blangkon Jogja yang merupakan bagian dari pakaian adat Jawa selalu mendapatkan caranya untuk tetap eksis di tengah perkembangan zaman. bila dahulu blangkon yang hanya mempunyai nilai manfaat dan filosofis, semakin bertambah umur semakin bertambah juga kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan.
Bentuk adaptasi blangkon Jogja dalam mempertahankan eksistensinya terlihat di segala perubahan. Setidaknya ada 6 aspek yang bertambah antara lain:
  • Kegunaan Blangkon
Blangkon yang dahulunya hanya digunakan untuk penutup kepala, saat ini blangkonmempunyai banyak fungsi seperti untuk simbol yang dapat kita temukan saat acara-acara pernikahan, acara keraton, dan sebagainya, juga sekarang mulai banyak dikembangkan untuk bahan koleksi warisan budaya.
  •  Warna Blangkon
Warna blangkon dari zaman dahulu mengalami pengembangan berupa bertambahnya corak yang dipakai blangkon, ada banyak warna yang sekarang diumpai, seperti warna polos, warna yang bersebelahan atau yang motif batiknya hanya sebagian kecil saja.
  • Bahan Blangkon
Bahan yang digunakan untuk pembuatan blangkon juga mengalami perkembangan, dahulu pembuatan blangkon hanya menggunakan batik tulis, namun seiring dengan berkembangnya tehnologi, bahan batik yang digunakan terdapat beberapa jeniss, seperti batik cetak, sablon manual bahkan ada yang menggunakan print komputer.
  •  Bentuk Blangkon
Dari sektor bentuk blangkonmempunyai beberapa perubahan, namun perubahan ini biasanya masi mengacu aturan dasar identitas sebuah blangkon. seperti blangkon jogja kliwir misalnya. Blangkon ini masi menggunakan aturan identitas blangkonnya, namun ditambahi kliwir yang panjang di belakang. Contoh lain adalah bangkon yang dipakai oleh prajurit keraton. Dari blangkon yang biasanya menggunakan mondolan seukuran telur ayam, bagi prajurit menggunakan mondolan khusus yang lebih kecil. Hal ini untuk menyesuaikan penggunaan pelindung kepala(helm) untuk melindungi kepala dari senjata lawan.
  •  Pengaplikasian Blangkon
Dari tutup kepalablangkon zaman sekarang sudah ada perkembangan pengaplikasian, dari pengaplikasian ini bahhkan dapat menjadi konotasi yang berbeda maksudnya. Seperti pengaplikasian nama blangkon untuk softwere BlankOn, pengaplikasian Blangkon Untuk Diarak saat hari raya dengan ukuran besar,maupun pengaplikasian blangkon untuk sebuah logo.
  •  Hiasan Blangkon
Blangkon dalam menghadapi dunia permodelanpun tidak kalah dengan kostum yang sudah terkenal, buktinya banyak sekali para pembuuat event pernikahan yang menyandingkan blangkon dengan busana ngetrend lain. Biasanya terdapat aksesoris penambah yang dipasang di blangkon. aksesoris ini yang sering di temui adalah payet, namun juga tidak jarang yang menggunakan bahan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesia Negara Asal Blangkon

Indonesia Negara Asal Topi Jawa : Blangkon Indonesia adalah negara plural yang mempunyai ribuan suku bangsa dan bahasa. Indonesia su...