Mei 21, 2018

Blangkon Jogja | Berbagai Jenis Blangkon Jogja

Blangkon Jogja




Blangkon Jogja di identikkan dengan blangkon yang mempunyai mondolan, bagian belakang belangkon yang bulat mmenyerupai telur pada umumnya. Mondolan ini yang menjadi kekhasan blangkon Jogja dibanding dengan blangkon-blangkon lain. Mondolan ini berfungsi untuk meyembunyikan rambut bagi yang berambut panjang. Menyembunyikan rambut dibalik blangkon mempunyai arti pengendalian hawa nafsu bagi pemakai blangkon.

Bila anda sudah menjumpai tempat pembuatan blangkon ataupun toko yang menjual blangkon, anda akan menemui blangkon-blangkon Jogja yang bermacam-macam modelnya. Blangkon Jogja yang diidentikkan dengan mondolan terletak di belakang memang mempunyai beberapa jenis. Saya akan mengulas empat jenis-jenis blangkon Jogja yang selama ini sering ditemui, antara lain:


1.  Blangkon Koncir/ Kliwir

gambar blangkon




Blangkon Jogja koncir/kliwir ini mempunyai ciri khusus bagian belakang ada dua kain yang memanjang dibawah mondolan. Kliwir ini biasanya merupakan kepanjangan dari sintingan (kain yang berada diantara mondolan yang mirip dengan sayap). Blangkon ini biasanya dipakai oleh orang muda. Panjang dari kliwir ini bervariasi adayang pendek hingga ada yang menncapai 1 meter.



2.  Blangkon Mataraman

gambar blangkon


Blangkon ini paling sering dijumpai pada perangkat keraton, salah satu ciri blangkon ini sintingan menempel pada blangkon dan tidak terdapat kliwir. Anda dapat menjumpainya saat acara- acara adat di Daerah Istimewa Yogyakarta.

3.   Blangkon Sunan
gambar blangkon


Blangkon sunan pada umumnya seperti blangkon jogja biasa, tetapi yang membedakannya adalah penggunaan kain untuk bahan blangkon. jika blangkon pada umumnya menggunakan batik sebagai bahan utama, blangkon sunan biasanya menggunakan kain polos warna putih untuk membuat blangkon. sehingga hasil yang didapat adalah jenis blangkon yang bewarna polos.

4.  Blangkon Senopaten
Gambar Blangkon


Bila blangkon Jogja pada umumnya meiliki sintingan menempel pada badan blangkon, jenis blangkon senopaten ini memiliki sintingan yang terpisah dengan badan blangkon, sehingga tampak seperti sayap burung yang sedang di kepakkan. blangkon ini juga tidak mempunyai kliwir di bawah mondolan. kain yang digunakan dalampembuatan blangkon ini pada umumnya juga kain batik.

Dari jenis jenis blangkon ini, blangkon yang paling umum digunakan oleh para anggota kraton adalah blangkon mataraman. Setiap hari para perangkat kraton menggunakannya walaupun sedang menggunakan kendaraan bermotor. Ketika sedang menggunakan kendaraan bermotor, biasanya para abdi dalem menggunakan blangkon sebagai pengganti helm. Karena para abdi dalem lebih memilih menggunakan blangkon Jogja dibandingkan helm penggunaan kendaraan bermotor sangat jarang sekali, bahkan hampir tidak sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesia Negara Asal Blangkon

Indonesia Negara Asal Topi Jawa : Blangkon Indonesia adalah negara plural yang mempunyai ribuan suku bangsa dan bahasa. Indonesia su...