Mei 27, 2018

Blangkon Jogja | Menggunakan Blangkon Saat Haji?

Blangkon Jogja

Pada musim haji 2015 lalu ada yang berbeda dari salah satu wajah rombongan jamaah haji Indonesia, Rombongan ini menggunakan Pakaian adat Jawa lengkap mulai dari beskap hingga blangkon  saat  beribadah di tanah suci kecuali saat diwajibkan menggunakan pakaian ihrom.
Blangkon jogja

Terlihat para jamaah hajimengenakan blangkon Jogja. Salah satu foto jamaah ini yang dipublikasikan suaramuria.com menunjukkan jamaah haji Indonesia berada di kota madinah menggunakan pakaian khas Jawa. Walaupun demikian, para jamaah haji terlihat hikmat dalam beribadah. Karena selain saat wajib mengenakan pakaian ikrom di waktu yang di tentukan, syariat tidak menentukan pakaian apa yang harus dikenakan yang penting menutup aurat.


Manfaat penggunaan pakaian khas Jawa di tanah suci ini mempunyai dampak positif berupa mudahnya mengidentifikasi jamaah Indonesia yang menggunakan blangkon.  Pemandangan yang ditampilkan oleh Jamaah Haji Nusantara Kloter 12 (sebelumnya13) dari Jepara, Jawa Tengah ini tentu menggugah ingatan tentang masa-masa di abad ke 18-19 dimana ulama Nusantara memberi warna yang kuat pada dunia intektual Hijaz.


Besarnya pengaruh ulama Nusantara ini membekas pada kawasan yang saat ini disebut Arab Saudi itu, di Syami’ah Arab Saudi dapat ditemukan sebuah kampung bernama Al-Jawi. Jawi dalam kontek ini tidak hanya berarti pulau atau suku Jawa, namun Jawi berkonotasi Nusantara atau setidaknya Asia tenggara.


Moeria online  mengutip pernyataan dari pimpinan KBIH Arofah Jepara yang bernama KH Nuruddin Amin  yang menyebutkan dirinya adalah calhaj nusantara “Wong kaji iku ora kudu nganggo kopiah putih , ning ugo oleh nganggo blangkon” (Orang haji itu tidak harus mengenakan kopiah putih, tetapi juga boleh mengenakan blangkon).


Dari surat kabar online ini juga menyebutkan bahwa penggunaan blangkon oleh calon haji asal Jepara ini digunakan saat berangkat dari Jepara hingga turun di Tanah Suci. Sehingga setibanya tiba di negara Arab, menjadi perhatian bagi jamaah asal negara lain dengan pakaian yang berbeda ini.
Foto dari Kegiatan jamaah haji ini diabadikan oleh masing masing peserta kloter, kemudian banyak yang diunggah di akun media sosialnya KH Nuruddin Amin yang mengenakan ciri khas nusantara dengan mengenakan blangkon dan pakaian Jawa. Untuk jamaah wanita mengenakan pakaian seperti dari kloter lain lantaran belum adanya busana nusantara yang dianggap pantas untuk dikenakan saat di tanah suci. Sumber : suara muria online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesia Negara Asal Blangkon

Indonesia Negara Asal Topi Jawa : Blangkon Indonesia adalah negara plural yang mempunyai ribuan suku bangsa dan bahasa. Indonesia su...