Mei 24, 2018

Beda Mondolan Blangkon Jogja dan Blangkon Solo

gambar blangkon
Perbedaan yang paling terlihat dari blangkon Jogja dan blangkon Solo yaitu di bagian mondolan, mondolan yaitu kain penutup blangkon yang terletak di belakang yang memisahkan antara bagian blangkon kanan dan bagian blangkon kiri.

Aturan dalam pembuatan blangkon yaitu garis tepi mondolan harus lurus hingga sampai bagian atas depan  blangkon. hal ini mengandung filosofi bahwa seorang hamba untuk menuju pada tuhan itu terdapat jalan lurus tanpa pemisah. Mondolan mengisyaratkan hawa nafsu, sedangkan bagian depan atas blangkon mengisyaratkan jalan menuju tuhan.


Fungsi dari mondolan blangkon Jogja adalah tempat penutup rambut yang di ikat, rambut yang dibiarkan terurai melambangkan bahwa pemilik blangkon mempunyai kepribadian berantakan. Orang  Jawa zaman dahulu melambangkan pengendalian jiwa dengan mengikat rambut panjangnya sehingga membentuk bulatan rapi di belakang kepala.


Bila dipadukan dengan masa sekarang, orang yang mempunyai rambut terurai berantakan biasanya di identikkan dengan orang yang tidak mudah menaati peraturan. Kemungkinan ini juga diwariskan dari persepsi zaman dahulu yang menjaga rambut terurai. Dengan begitu diperlukanlah pengendalian diri. Dengan pengikatan rambut secara bulat di bagian belakang kepala, ketika orang Jawa menggunakan ikat kepala akan ada benjolan di belakang. Setelah berkembangnya ikat kepala menjadi blangkon, blangkon Jogja pun ikut menyesuaikan pengalaman sebelumnya, yaitu ada benjolan di belakang untuk tempat rambut yang terurai.


Beda dengan blangkon Solo, para keraton Solo ketika mengembangkan iket menjadi blangkon sudah menjadi umum bagi anggota keratonnya berambut pendek. Hal ini dikarenakan keraton Solo sudah menjalin kerjasama dengan bangsa Eropa yang mengenalkan budaya cukur rambut / potong rambut. Dengan demikian, bentuk blangkon Solo juga mempunyai wujud yang berbeda dengan blangkon Jogja. blangkon Solo tetap memiliki mondolan, namun mondolan blangkon Solo tidak berfungsi untuk menyimpan rambut.


Hal ini menyebabkan mondolan blangkon Solo berbentuk bulat pipih atau bisa dibilang trepes. Dari penjelasan ini, dengan melihat fisik belakang dari blangkon dapat dikategorikan jenis dari sebuah blangkon. yaitu mondolan blangkon Jogja mempunyai bentuk bulat seperti telur dan mondolan dari blangkon Solo berbentuk bulat pipih.

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Pira gan satunya

      Hapus
    2. Hallo juga gan, untuk informasi harga silahkan hubungi nomor kontak yang tertera di atas. terimakasih kunjungannya

      Hapus

Indonesia Negara Asal Blangkon

Indonesia Negara Asal Topi Jawa : Blangkon Indonesia adalah negara plural yang mempunyai ribuan suku bangsa dan bahasa. Indonesia su...