Mei 22, 2018

Filosofi Terkandung Dalam Blangkon Jogja Bagian 1


blangkon jogja


Blangkon merupakan aksesoris pelengkap dari baju adat Jawa yang mempunyai posisi paling tinggi dibanding dengan aksesoris lain. Blangkon merupakan asal mula pengembangan dari ikat kepala yang digunakan masyarakat jawa sebelum mengenal Islam. Islam masuk ke tanah jawa dengan sikap yang sangat ramah.

Para penyebar agama islam di jawa tidak dengan memaksakan ajaranagama Islam. Dahulu para penyebar agama menggunakan metode metode yang unik untuk menyebarkan. Salah satu metode unik dari penyebaran islam antara lain adalah dengan memperkaya adat istiadat masyarakat jawa. Dan mengganti amalan-amalan yang dapat menyesatkan dengan kebaikan.

Inovasi dari penyebar agama dahulu sangat kaya dengan filosofi dalam setiap bagian bagiannya. Blangkon yang merupakan inovasi dari ikat kepala juga tidak luput dari inovasi yang diberikan oleh penyebar agama, dalam artikel yang dipublikasikan di krjogja.com disebutkan beberapa filosofi ajaran islam yang dahulu telah ditanamkan blangkon khususnya blangkon Jogja.

“Bagian atau bentuk blangkon mengandung makna yang cukup dalam. Lipatan yang menutupi kepala berjumlah 17 lipatan menandakan 17 rakaat dalam salat lima waktu. Mondolan di pasang di belakang kepala dengan makna mencegah manusia dari tidur dan menutup mata.” Begitulah yang tertulis di krjogja.com

Di surat kabar online tersebut juga tertulis “Letak mondolan pun diusahakan di tengah dan lurus keatas, yakni bermakana lurus terhadap sang pencipta. Maka jika di tarik benang makna, mondolan merupakan pengingat agar manusia tidak menutup mata terhadap sang kuasa dan selalu lurus menjalankan perintahnya. Tidak hanya itu sisa kain di samping mondolan jika dihitung berjumlah 6 yang berarti 6 rukun iman dalam Islam.”

dengan memberikan faidah keislaman dalam sebuah karya blangkon, diharapkan nilai keislaman dapat dipraktekkan oleh para orang yang ingin tahu lebih banyak dengan kebudayaan. blangkon Jogja bukan sekedar alat penutup kepala saja, namun juga mengandung nilai yang lebih dari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesia Negara Asal Blangkon

Indonesia Negara Asal Topi Jawa : Blangkon Indonesia adalah negara plural yang mempunyai ribuan suku bangsa dan bahasa. Indonesia su...