Juli 06, 2018

Macam Macam Penutup Kepala Laki-laki Khas Indonesia


Blangkon Jogja


Zaman sekarang banyak sekali dijumpai produk budaya luar negeri yang mengalahkan budaya Indonesia. Produk ini juga mengikis pengenalan anak bangsa terhadap hasil produk asli negeri sendiri padahal tidak kalah dengan kualitas dengan produk mancanegara. Bahkan banyak sekali produk Indonesia yang digemari di luar negeri. Blangkon jogja misalnya. Di negara suriname banyak sekali peminat blangkon yang memesan langsung dari indonesia.  
Produk indonesia selain memiliki kualitas yang unggul juga mengandung banyak filosofi dan sudah mempunyai nilai historis panjang. Sselain blangkon Jogja banyak sekali dikenal penutup kepala yang asli produk Indonesia dan mencerminkan kebudayaan Indonesia.
Berikut saya akan jelaskan beberapa penutup kepala asli produk indonesia mulai dari blangkon :
1.       Blangkon
Blangkon atau belangkon adalah penutup kepala khas jawa, ada yang menyebutkan bahwa penutup kepala blangkon ini dikenalkan oleh para wali songo. Salah satu jenis belangkon yang populer adalah, Blangkon Jogja, blangkon Solo, blangkon Banyumas, belangkon Sunda, dan blangkon Jawa Timur. Makna dari blangkon ini juga ada beberapa versi, ada yang menyebutkan berasal dari kata blangko, yang berarti siap pakai, dan ada juga yang menyebutkan blangkon merupakan kependekan dari kata gamblang lelakon (peran yang jelas).
2.       Iket/udeng
Iket atau udeg adalah penutup kepala yang berasal dari kain yang diikatkan di kepala. Udeg ini mempunyai filosofi mengikat hawa nafsu Yang dimiliki oleh manusia. Nafsu di ibaratkan dengan kepala, karena kepala merupakan pusatnya pergerakan anggota tubuh. Bila kepala ini diikat mencerminkan bahwa pergerakan anggota tubuh juga dapat dikontrol sepenuhnya. Kebudayaan yang populer dijumpai saat ini adalah Bali.
3.       Kupiyah Meukeutop
Kupiyah Meuketop adalah penutup kepala khas Aceh, penutup ini juga berbentuk kain yang diikatkan di kepala. Kain ini biasanya membentuk kuncung disalah satu sisinya. Dari situs Kementrian keuangan disebutkan bahwa “Kupiah meukeutop terbuat dari kain berwarna dasar merah dan kuning. Kain dirajut jadi satu, berbentuk lingkaran. Pinggiran bawah kupiah, terdapat motif anyaman dikombinasikan warna hitam, hijau, merah dan kuning. Anyaman serupa terdapat di bagian tengah, yang dibatasi lingkaran kain hijau di atasnya dan kain hitam di bawah.” Itulah sekilas tentang kupiah ini.
4.       Totopong
Totopong juga dikenal dengan iket sunda adalah kain batik yang digunakan untuk penutup kepala berasal dari wilayah sunda. Kain yang digunakan untuk membuat totopong ini biasanya berukuran 50 cm x 50 cm. dalam liputan6.com disebutkan bahwa ada tujuh jenis totopong yang berbeda di sunda. Jenis jenis totopong ini antara lain: Barangbang Semplak, Parekos Nangka, Parekos Jengkol, Tutup Liwet, Lohen, Porteng, dan Kole Nyangsang. Dahulu, setiap totopong yang digunakan masyarakat sunda melambangkan profesi dan strata pemakainya. Bentuk totopong yang dipakai adipati, berbeda dengan totopong petarung.

5.       Ublang
Ublang adalah penutup kepala khas daerah jember. Ublang hampir sama dengan blangkon. ublang juga terdiri dari kain batik, namun memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan blangkon. hal ini dikarenakan ublang merupakan perpaduan dari udeng(madura) dan blangkon (lihat situs kemendigbud) sehingga ublang mempunyai kemiripan dengan blangkon juga memiliki kemiripan dengan udeng. Penggunaan ublang ini biasanya menjadi icon pakaian yang dipamerkan dalam jember festival carnafal (JFC) yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Selanjutnya admin akan bahas penutup kepala dari daerah daerah lain untuk postingan selanjutnya. Jangan lupa untuk menunggu postingan selanjutnya ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesia Negara Asal Blangkon

Indonesia Negara Asal Topi Jawa : Blangkon Indonesia adalah negara plural yang mempunyai ribuan suku bangsa dan bahasa. Indonesia su...